Selasa, 06 Oktober 2015

Pengalaman pertama kali mengenal dunia OFFROAD.

Assalamualaikum, Wr Wb.
Ini adalah kali pertama saya mulai membuat Blog. jadi harap dimaklumi hehe...
di Blog pertama ini, saya akan menceritakan pengalaman saya di dunia olahraga Offroad.
yang memang kebetulan itu adalah hobi saya. hehe..


Yang memperkenalkan saya di dunia offroad adalah bapak saya sendiri, awal nya saya di ajak nonton kompetisi offroad di suatu tempat yang pada saat itu cuaca nya sangat panas. saat itu saya menolak ajakan bapak saya karna alasan cuaca nya sangat panas (takut item, padahal udah item) hehe..
tapi pada akhirnya saya menuruti perintah bapak saya. Pertama kali nonton kompetisi offroad, yang membuat saya betah nonton nya karena di kompetisi offroad pasti para offroader di berikan tantang yang menantang nyali, trek yang dibuat pun sangat extreme. karna itu otomatis para offroader berlomba-lomba secepat mungkin untuk sampai digaris Finish, tidak peduli seberapa extreme trek itu, bahkan ada beberapa peserta yang sampai terbalik/klontang, disitu lah yang membuat saya dan penonton lain nya semakin antusias untuk menonton kompetisi tersebut karna sangat seru (kalo nonton) haha.
seiring waktu berjalan, saya sudah nonton banyak sekali kompetisi offroad di berbagai daerah, sampe sampe saya hapal beberapa team offroadnya, saya pun mulai bosan. karna saya berfikir kalo nonton kompetisi offroad aja seru, apalagi kalo saya bisa merasakan nya langsung hehe..
dan disitu lah muncul rencana saya ingin membeli mobil Jip, karna sebagai mana yang kita tau, mobil jip adalah mobil yang di peruntukan di medan offroad, saya pun membeli mobil jip yang bernama Katana. mobil jip keluaran tahun 1996, namun masih 2wd atau 4x2. -_- padahal untuk melewati trek/medan offroad kita membutuhkan mobil yang mempunyai spesifikasi standar offroad seperti 4x4 dan ban pacul/MT. Namun mobil jip yang saya punya masih 4x2 dan ban nya masih ban aspal/AT.

Dengan dibekali kesabaran, akhirnya saya mulai membangun atau memodifikasi mobil jip saya, sedikit demi sedikit saya mengganti ban nya menjadi ban pacul/MT namun masih 2wd. seiring saya menabung untuk membeli gardan depan atau 4x4, saya berinisiatif untuk bergabung di komunitas sesama mobil jip ini, dan akhirnya saya bergabung dengan komunitas yang bernama [SKIn] Suzuki Katana Jimny Indonesia. pada pertama kali saya ikut kopdar (kopi darat) bareng komunitas tsb, saya sangat minder/iri karna saya melihat banyak sekali mobil jip seperti saya yang sudah di modifikasi keren dengan spesifikasi berbeda beda tiap mobil namun tetap satu aliran, yaitu spek offroad. dari situ saya mulai ga sabaran pengen modifikasi mobil sebagus mungkin hahaha. tapi buat memodifikasi dari 4x2 ke 4x4 tidak lah mudah bagi saya, karna budget yang dibutuhkan adalah 10jt (duit dari mana) -_- wkwkwk. sambil menunggu tabungan mencukupi, saya mencoba kompetisi offrroad yang di adakan pada saat itu, saya mendaftarkan diri di kelas 4x2. itu pertama kali saya mengikuti komnpetisi, disamping itu saya melihat lawan2 saya yang seperti nya sudah senior dan sudah sering mengikuti kompetisi offroad, sedangkan saya hanya orang yang baru mencoba ikut kompetisi hahaha..yang lebih apes nya lagi, saya dapat urutan start pertama, merinding abis -,-
bermodal optimis bin nekat, saya pun memberanikan diri untuk mencapai garis finish dengan waktu yang bagus. ditengah2 trek karna saya belum terlalu ahli dalam mengendalikan mobil di medan offroad, mobil saya pun sampai hampir terbalik (untung nya ga kebalik) dari situ saya sangat panik dan keringet dingin, padahal garis finish masih jauh. tapi seperti yang saya bilang, modal optimis saya Gass.. terus sampai akhirnya sampai di garis finish, jantung udah muali lega, saya pun melihat hasil waktu yang saya peroleh, hasil nya lumayan lah buat pemula hehe.. ketika semua peserta sudah sampai finish, hasil waktu yang saya peroleh ternyata mendapatkan posisi ke 4 dari 12 peserta (ga jadi dapet hadiah) -_- walaupun saya belum juara, tapi saya mempunyai kebanggan tersendiri, karna dari 12 mobil peserta, banyak mobil2 yang tidak bisa sampai di garis finish hehe.. dan saya bangga walaupun saya pemula tapi masih bisa dapat urutan ke 4 dari 12 peserta yang mungkin sudah sering mengikuti kompetisi offroad.



singkat cerita, ketika mobil jip yang saya punya sudah memenuhi standar spesifikasi offroad, saya mulai mengikuti acara2 offroad, seperti Adventure offroad, camping dan touring bareng komunitas yang saya masuki. dan saya sudah mencoba medan2 offroad di berbagai kota/daerah seperti di bandung, bogor, jatiluhur karawang, sukabumi, dll. dan masih banyak sekali pengalaman yang saya bisa ceritakan di dunia offroad. pada intinya setelah saya terjun di dunia offroad, saya mengerti arti dari solidaritas, kekeluargaan dan kekompakan. semua itu sangat di perlukan ketika kita berada di dunia offroad. dan kita mendapatkan cerita dan pengalaman yang ga ada habis nya ketika diceritain ke teman atau ke orang lain. Selain itu, keuntungan saya mempunyai mobil jip katana dan gabung di skin adalah saya mendapatkan banyak saudara. contoh nya ketika mobil jip kita mogok saat dalam perjalanan, kita tidak perlu panik mencari bengkel, karna di komunitas skin ini mempunyai jiwa solidaritas yang tinggi, bahkan yang belum menjadi anggota nya pun tetap di tolong saat sedang mengalami trouble di jalan. salut!


btw, mobil yang saya miliki adalah Suzuki Katana GX keluaran tahun 1996. dijaman modern ini, mobil katana sudah bisa dibilang ketinggalan jaman, bahkan cewek pun ogah naik mobil itu wkwkwk tapi buat saya itu bukan sesuatu yang terlalu berpengaruh buat saya, menurut saya menggunakan mobil jip katana lebih terlihat macho, apalagi kalo sudah di modif full spek offroad, beuhhh sangar abiss. mobil jip katana memiliki kembaran, namanya Suzuki Jimny, beda nya jimny adalah keluaran tahun 80-an, katana keluaran tahun 90-an. dan Jimny sebagian besar sudah 4x4 bawaan pabrik, namun katana sebagian besar 4x2 tetapi ada sebagian yang sudah 4x4 bawaan pabrik tapi jarang. Mobil Jimny Katana dari dulu hingga sekarang masih terlihat eksis dijalan raya. hehe

Sepertinya itu saja yang baru bisa saya ceritakan, karna faktor jari yang sudah pegal mengetik hahaha.. Wassalamualaikum Wr Wb.  salam offroad!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar